Minggu, 21 April 2013

4 Kebiasaan Yang Bikin Rambutmu Jadi Indah

          Setiap hari selalu ada usaha dari kita untuk merawat dan mempercantik rambut. Mulai dari hal terkecil saja, berkeramas. Tentunya Anda tak sembarangan kan memilih shampoo perawatan rambut Anda?Pun demikian
         berkeramas saja tak cukup banyak membantu. Banyak hal di lingkungan sekitar yang ditemui sehari-hari, dapat mempengaruhi kondisi rambut. Seperti debu, kotoran, asap rokok, sinar matahari, semuanya memberikan pengaruh buruk terhadap rambut. Belum lagi jika Anda adalah orang yang aktif gonta ganti warna dan gaya rambut. Kekuatan rambut, kelebatan, warna kemilaunya akan terancam jika Anda tak benar-benar memperhatikan kondisinya.
Apa yang harus dilakukan agar rambut tetap cantik dan indah?
Ada empat kebiasaan yang akan membantu Anda menjaga dan merawat rambut sehat.

Kebiasaan 1: tidur cukup
Tidur adalah aktivitas yang membantu memulihkan seluruh energi di dalam tubuh yang telah terpakai seharian. Tak hanya itu, tidur juga ibarat aksi reset energi di setiap bagian tubuh, seperti kulit dan rambut.
Jika Anda kurang tidur, tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi kulit dan rambut. Mulai dari problem jerawat, spot hitam, rambut kusut, hingga kerontokan bisa mengancam.
Tidur cukup sendiri juga memberikan waktu bagi rambut untuk menyembuhkan dirinya dari kerusakan ringan.

Kebiasaan 2: olahraga teratur
Jangan katakan tak ada waktu. Olahraga toh tak harus menghabiskan semua waktu Anda seharian. Cukup curi 15-30 menit saja sehari atau minimal 3 kali seminggu. Dengan berenang, jalan cepat, atau lari-lari kecil saja, misalnya, sudah dapat membantu tubuh memperlancar peredaran darah sehingga darah mampu menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dengan baik.

Kebiasaan 3: kurangi dan hindari merokok
Asap rokok tak hanya mempengaruhi organ tubuh bagian dalam saja, namun juga setiap batang rambut Anda. Asap rokok dapat membuat rambut jadi kering dan kusam, mengurangi kelembabannya dan kurang bersinar. Selain itu asap rokok yang melekat pada rambut meninggalkan bau yang kurang sedap.

Kebiasaan 4: diet sehat
Diet bukan berarti tidak makan. Tetapi justru menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mendapatkan rambut yang sehat berarti harus mencukupi kebutuhan akan zat besi, protein, dan vitamin C.
Zat besi, bermanfaat untuk membantu memperkuat batang rambut dan mencegah anemia.
Protein, membuat rambut tetap kuat, tidak rapuh dan tidak mudah patah.
Vitamin C, mencegah rambut bercabang dan kemerahan.
Nah, sudah tahu kan bagaimana merawat rambut agar tetap cantik dan sehat. Yuk adopsi kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Tidak ada komentar: